DO U OVERTHINKING? LET'S DO THIS!




Kalian pernah gak sih, malam-malam gak bisa tidur ngerasa kayak berpikir terlalu berlebihan atau biasa disebut over thinking? Dan tingkat pertanyaannya itu dari yang penting banget menyangkut rencana hidup, beberapa penyesalan masa lalu, sampai yang gak penting sama sekali dan tau2 udah pagi. Mikirin mau jadi apa nanti, mau kuliah jurusan apa di mana, apa nanti idupku bakal gini-gini aja, kalo gagal utbk bakal gimana tuh, kenapa aku kudu sekolah di sini sih, besok apa yang harus aku lakuin biar gak rebahan, kenapa lagu ini liriknya itu, kenapa kita tinggal di bumi, dan banyak pertanyaan aneh lainnya yg gak nemu solusinya. Kepengen ada jawabannya bukannya usaha malah kebanyakan mikir. Dan kalo ada yang pengen dengerin apasih yang aku pikirin, aku gk bisa jawab detail, karena kebanyakan.
Aku baru sadar rupanya aku sering melakukan hal ini. Kenapa bisa baru sadar? Karena, beberapa hari lalu ada seorang temanku yang bilang kalau dia lagi mumet banget karena overthinking seover-overnya, dia bilang dia cuma bengang-bengong gak bisa tidur sampai jam 3 pagi. Mikirin penyesalan, masa depan yang masih abu-abu, beban yang baru-baru ini dirasa makin berat karena terlalu banyak ketetapan yang ditetapkan kayak belajar online dengan segala tugas-tugas menumpuk, tentang gimana keputusan-keputusan yang diambil setelah tamat SMA, dan juga tentang insecure terhadap beberapa hal yang menurut dia gak mungkin bisa capai katanya. Yaa, tentu aku memberi solusi walaupun aku gak tahu itu membantu atau nggak, semoga membantu sih. Kusaranin nonton channel ini liat itu coba lakukan apa yang kira-kira jadi hobinya kayak nulis dll. Yaa…aku nyaranin hal-hal yang begitu ke temenku tapi pada dasarnya aku juga ngalamin si overthinking ini. Akhirnya jam istirahatku sama sekali gk teratur dan kurang optimal, buka tutup hp, bengong lagi,  ini sih yang bahaya banget. Ngalong sampe jam 5 pagi, salat subuh abis tu baru tidur lagi dan tau2 udah terlambat e-learn. Guna banget gak? Gak guna sama sekali. Kesehatan menurun, semangat idup berkurang, produktivitas ancur, buang-buang waktu, dan bikin otak capek.
Nah, jadi aku mencoba nonton video mengatasi overthinking dari channel youtubenya Satu Persen - Indonesian Life School ;yang aku sangat berterima kasih banget karena udah mau lewat di TL Youtube-ku; dan mereka memberi beberapa tips mengatasi overthinking atau rasa cemas berlebihan ini. Aku bukannya jadi sok expert atau apapun itu, karena aku cuma mau ngeshare saran yang menurutku cukup bagus bagi kalian yang ngalamin hal ini. And pada dasarnya aku juga sama, masih rada sering overthinking tapi dari hal-hal yang aku saranin, ini cukup berguna. Oke, aku gak bakal banyak cerita lagi, jadi berikut ini adalah beberapa tips yang udah aku dapatkan selama nonton video di atas: 

1. List seluruh hal yang kita pikirin saat overthinking
Pertama kita kudu nulis daftar semua hal yang main masuk2 aja ke pikiran kita. Ini PENTING banget, kenapa penting? Adakalanya apa yang udah kita pikirin bisa terpikir lagi di malam berikutnya kita2 overthinking, karena gak ditulis, jadinya otak kita mikir ulang semuanya dari awal. Who knows? Dan ini ngebuat hal ini semakin gak selesai2 padahal masalahnya cuman karena gak ditulis-tulis. Dengan nulis, pikiran2 ini akan lebih terstruktur, alhasil bukan cuma jadi sebuah angan-angan tapi justru jadi sebuah rencana tertulis yang bikin otak kita jadi pada fresh karena udah pada dikeluarin semua tuh masalah2nya. Medianya? Terserah apapun gak masalah. Mau pake notes hp, nulis di buku, ngetik di laptop yang penting di list. hal ini bisa ngejadiin apapun yang gak ada solusinya jadi memiliki titik terang walaupun seterang sinar matahari nembus bolongan seng atau sinar laser.

2. Tingkatkan Mindfulness
Sebelum berkenalan dengan si MINDFULNESS ini, coba kita gali-gali sedikit. Kita semua pasti pernah overthinking di jam-jam tertentu selain malam hari. Kayak lagi di sekolah bukannya dengerin guru, malah mikirin kantin atau corat-coret meja, bukannya belajar malah mikirin kapan bel pulang, kalau malamnya ya simpel, mau tidur malah mikir banyak2, kalo misalnya aku gini pasti bakal gitu itu hal yang gak pasti banget, intinya KURANG FOKUS. Nah, untuk itu kita harus meningkatkan mindfullness kita. Jadi mindfulness ini adalah “hadir” dalam kesadaran penuh dalam masa sekarang. ‘Live in the moment’ gitu lebih tepatnya. Nah untuk mengurangi overthinking terus-terusan kita bisa nih mencoba memusatkan fokus kita ke apa yang lagi kita kerjain, multitasking itu memanglah keren, tapi cuman bikin otak kita lelah. Kita bisa memulainya dengan meditasi/latihan fokus. Cari ruangan kosong bawa bantal, duduk sila di atasnya, tegakkan bahu sambil tarik buang napas and tetep fokus pada tiap tarikan napas kita. ini kudu konsisten, rutin. Bagi yang muslim kita bisa mengaplikasikannya lewat shalat yang khusyuk 5x sehari. Dengan meditasi rutin, otak kita akan lebih terlatih melepaskan kebiasaan overhinking di saat kosong. dan hidup jadi lebih tenang.                        
3. Lakukan! Jangan hanya dipikirkan
Setelah menurut kita, kita itu cukup fokus, lakukan apa yang tadinya cuma ada dipikiran kita. Takut gak lulus UTBK ya belajar yang rajin, takut temen-temen nanya yang aneh2 pas presentasi pahami materinya, takut gak kekejar DL ya kerjain tugas dari sekarang, kalau dikatakan sulit memang. Makanya kita harus siap langkah. Pertanyaan2 yang kita tanyakan tadi itu semua berupa ketidakpastian. Tapi yang kita butuhkan adalah kepastian, menginginkan kepastian secara berlebihan  tanpa effort samsek itu gak baik, kita bukanlah Tuhan yang memegang kendali, kita gak tau apa yang bakal terjadi jadi cukup buat langkah yang kita kira kita bisa ngendaliin, bisa mastiin kayak yang aku tulis di kalimat ke 2 sampai 3 point 3 ini.
Oke, jadi seginilah yang bisa aku dapatkan dari video yang kutonton dan kira2 bisa jadi saran untuk kalian. Banyak banget? emang..hehehe. Dan aku sangat merekomendasikan kalian untuk nonton video itu untuk masalah mentality ato masalah hidup yang ngebingungin kalian. Sangat relate banget  loh. Lalu temen2, inget overthinking memanglah wajar tapi jika berlebihan suatu kewajaran itu bukanlah hal yang baik lagi. Jadi sampai sini dulu kalau kalian mau lanjutan dari tulisan-tulisanku kalian bisa komen atau hubungi emailku hellonasywa@gmail.com di profile juga ada. Maaf kalau tulisan pertamaku kurang bagus, maklum baru pertama kali. Terima kasih bagi yang mau membaca, semoga bermanfaat ya.. Thanks.


Contact    : hellonasywa@gmail.com 

IG            : nasywaalya16


Ini link channel YT nya: 

Comments

Post a Comment

Popular Posts