Menjadi Dewasa, Suddenly?!


        Jujur, gue agak kaget pas ulang tahun ke-17, Juni 2020 lalu. Ya kayak tiba-tiba langsung realize, gue udah menuju dewasa dimana kudu siap ngehadepin suatu hal yang disebut “kemandirian” dan "kedewasaan" mulai dari hal remeh ampe yang berat serta gak disangka bakal kita hadapin. Gue hidup dimana ulang tahun is something normal dan gak dirayain juga. Karena kita cuma ngelanjutin hidup day by day dengan segala rutinitas yang kadang suka diselipin tugas sekolah dan ya begitu. Kalau gak diselipin kegiatan yang disebut hobi, mungkin ya hidup gue biasa aja. Terima kasih banyak pada hobi-hobinya gue. I love you. 
        Apalagi nih ya, perjalanannya gue dari remaja cengengesan yang jalanin hidup dengan santuy ke remaja yang kudu realize tentang hidup tuh cuma ditemenin sunyi sepinya pandemi dan teman seperjuangan online. Ya, walaupun belum menjadi kalangan pekerja, gue rasa gue dan banyak dari kalian juga jadi salah satu yang terdampak. Gue cuma bisa mantengin dunia online, proses gue ngembangin insight-insight baru juga dari daring. Cukup banyak sih manfaatnya. Tapi gue jadi kurang bisa merasakan kebersamaan dengan teman-teman dalam belajar menjadi dewasa, bersama-sama. Jadi waktu ada kesempatan untuk ketemu offline tuh masih terasa “kita masih remaja yang mencari arah, haha hihi, ambis setengah2, eh mau kuliah” dan agak lucu juga sih, hewhew.         
        Sebenarnya siap gak siap juga kayak begini tuh, lagi buffering harus ngapain, tapi ngikutin arus dengan ikutan daftar kuliah sana sini, cari peluang beasiswa kemanapun, semua jalur dipantengin, yang penting bukan jalur tikus. Kadang perasaan jadi campur aduk banget, yang deadline ini-itu, cucian numpuk, ujian mepet, setengah ambis pas masa pandemi, ngurus berkas dan dokumen-dokumen. Bahkan, mungkin sampai ada di fase, ngesampingin cita-cita dan yang penting lolos jalur masuk salah satu univ aja gitu. Sampai akhirnya satu persatu temen-temen udah dapet rezekinya lolos di PTN ataupun univ impiannya, dan gue yang masih dalam posisi ikut senang dan bangga, masih berjuang lagi tentunya untuk mendapatkan univ impian. Sebenarnya agak sedih sih karena masih nyari-nyari univ dan udah gagal di 2 seleksi, tapi air mata gue sama sekali belum keluar demi hal-hal seperti univ ini, palingan cuma diam dan ketawa. Karena bener-bener kayak nyantolin kail pancing banget gue selama nyari univ ini, mana yang jodoh ama gue ya hayuk. Mentok-mentok ya nangis karena ikut terharu dengan hasil pencapaian teman-teman seperjuangan plus karena perpisahan. 
        Jangka waktu perjuangan masih panjang sih menurut gue. Dan ya tiba-tiba jadi makin nyadar aja gitu, rada kuat juga ya gue kaga lulus di beberapa jalur cuma gue ketawain, apa ini tanda gue menjadi dewasa? Dengan memaklumi segala kegagalan dan mencoba bangkit? Gue sendiri juga bahkan bingung sampai gak tau diri sendiri ini lagi dalam fase pasrah atau mencoba bangkit, dan bingung gue bisa disebut menuju dewasa karena apa sih? Tapi ya gue harap, diri gue sendiri dan kalian semua angkatan 2021 pre-kuliahan yang juga lagi berjuang, bener-bener bisa memaknai setiap langkah perjuangannya kita, kalau lelah dan mau ngeluh or curcol, ya boleh lah ke Tuhan masing-masing atau cari temen curcol. Take a bit rest, hati dan tubuh kita butuh itu. Lucu juga sih ngamatin tahap pendewasaannya diri sendiri yang terkesan aneh ini. Mungkin suatu saat kita bakal merasa lega udah ngelewatin fase ini, dan sedang sibuk-sibuknya nyari tempat tinggal atau kos mungkin, mungkin juga lagi di tahap penghematan karena sibuk praktikum ini itu saat kuliah, Who Knows? Ya, pokoknya gue berharap semua keputusan yang kita ambil kedepannya adalah yang terbaik bagi kita atas izin-Nya. Agar langkah kita bener-bener ringan dalam menghadapi suatu apapun.  Moga sukses dahh!!!!


Contact    
Email       hellonasywa@gmail.com 

IG            : nasywaalya16

 

Comments

Popular Posts