Persiapkan Hal Ini Sebelum UTBK!

 


UTBK selalu menjadi salah satu bahan overthinkingnya siswa siswi SMA/SMK/MA/MAK mulai dari yang kelas 12 bahkan ada yang masih kelas 10 udah khawatir banget nih soal ini. Tentunya, aku juga pernah nih mengalami ketakutan-ketakutan semasa persiapan UTBK yang mana aku ikuti pada tahun 2021. Sebenarnya, aku baru mulai bimbel dan serius tentang kuliah itu dari November 2020, ya mepet banget sama masa UTBK, jangan ditiru gaes haha.

Oke, jadi sebenarnya tips yang aku kasih ini karena emang belajar banget dari pengalaman persiapan UTBK yang sangat nggak perfect, tapi semoga bisa membantu sih. Banyak hal yang perlu diatur, mulai dari bimbel, keefektifan jam belajar, dukungan diri sendiri dan orang sekitar, dan tentunya pertimbangan kampus impian. Aku sih gak tau apakah sistem ujiannya bakal berbeda dari tahun sebelumnya, tapi disesuaikan aja nih tipsnya sama ujian masuk universitas versi zaman kalian. Berikut ini aku share beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum UTBK:
  1. Mulai ikut bimbel offline atau online yang udah banyak testimoni tentang cara belajarnya yang mudah diikuti, dan sesuai budget. Bisa dari kelas 10, kelas 11, awal kelas 12. Yang penting gak mepet banget.Walaupun kalian ngejarnya UTBK nih, tapi kalau nilai kalian meningkat dan elligible, bisa tuh ikutan SNMPTN atau jalur undangan gitu.
  2. Bisa belajar otodidak lewat youtube channel bimbel seperti BigCourse, Privat Al-Faiz, Nurul Fikri, Zenius, dll.
  3. Mulai cari tentang passing grade jurusan dan universitas impian
  4. Ikut banyak try out dengan serius untuk menyesuaikan passing grade universitas tujuan
  5. Perbanyak latihan soal dengan memahami konsepnya sejak kelas 10, karena yang diujiankan itu biasanya soal yang lebih HOTS dengan konsep pemahaman yang sama
  6. Persiapkan lebih awal kalau mau lintas jurusan
  7. Konsultasi lebih lanjut mengenai nilai try out, pemahaman, jurusan dan universitas yang diinginkan
  8. Membuat target jam belajar dan istirahat, dengan metode unik yang mudah dipahami, seperti buat jembatan keledai, dll
  9. Pahami perkembangan bentuk ujian masuk universitas di tahun kamu.
  10. Ibadahnya jangan cuma diperbanyak pas mau UTBK aja hehe.
Mungkin segitu dulu aja ya saran dari aku yang juga gak expert banget dalam nanganin belajarku pas UTBK, tapi alhamdulillah lulus di jurrusan yang sesuai cara belajarnya dengan yang aku harapkan. Semoga tips ini dapat membantu kamu lulus di PTN impiann. Semangat!!

Comments

Popular Posts