TIPS KULIAH (NGERANTAU) DI UNSRI INDRALAYA



Halo halo haii!! Udah lama banget aku ga ngeblog lagi setelah tenggelam dalam sibuknya perkuliahan tahun pertama di masa pandemi yang hectic banget, and I miss my safe zone satu ini, yang sering jadi tempat curcolku di masa akhir SMA. Sooo, it's been 2nd year of my college life, a.k.a 3rd semester at Universitas Sriwijaya. Semester 3 banget ga tuh haha. Aku ngambil jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan actually i'm kinda loving it until now. Padahal sebelumnya, ini bukan jurusan yang aku minati, atau belum kuminati. Si besti ini pengennya lintas jurusan ke yang soshum-soshum, dan ngambil HI. Tapi dengan berbagai pertimbangan diri dan saran sana-sini, aku mutusin ngambil Ilmu Kesehatan Masyarakat yang katanya sains rasa sosial gituu hehe.

Sebenarnya, kalau ngomongin perjuangan masuk univ, udah ada beberapa jalur yang aku ikutin sebelum dan sesudah UTBK tapi emang belom rezeki sih, dan pengumuman UTBK itupun menjadi hasil penentu paling fix yang aku ambil. Karena memang sesuai dengan kemauan dan kemampuan belajar kedepannya (?), serta Alhamdulillahnya aku juga lolos KIP-K. Mungkin aku bakal bahas lebih tentang KIP ini di tulisanku yang lainnya, ditunggu ya hehe.

Okey, back to the topic. Jadi, ini adalah perantauan keduaku ke kota org, setelah sebelumnya pernah mondok di pesantren di Pekanbaru. Universitas Sriwijaya sendiri ada di Palembang dan Indralaya atau disebut Layo, dan kampusku ada di Indralaya yang 30 menit dari Palembang kalau lewat tol. Tepatnya di daerah Jalan Lintas Sumatera. Pulang-pergi kampus-kos maupun nyebrang sambil jalan kaki, udah terbiasa dibarengi truk-truk dan mobil besar lainnya, memacu adrenalin memang. Banget. Dan ya banyak culture shock yang aku dapatkan selama di sini. Padahal aku itu berasal dari Riau, yang notabenenya masih Sumatera juga haha.

Pokoknya my college life di sini tuh bikin bingung, tapi seneng, dan kadang ngakak sendiri, mana di kampung orang hahaha. Aku mau sekalian aja deh list hal-hal unik yang kutemuin plus tips dan hal yang aku lakuin selama kuliah di sini.
  1. Seperti yang kubilang tadi, aku tuh dari macet-macetan sampai nyebrang pasti bakal nemu truk dan mobil gede, bakal lama banget kalau mau nyebrang, lalu lintas padat sih, jadi emang harus pelan-pelan, sabar, dan kadang harus mempersilakan mobil gede buat duluan jalan, biar gak terlalu bahaya.
  2. Kudu pakai helm kalau naik motor dan jangan makai pakaian yang licin dan mudah terbang-terbang, karena angin di perjalanan apalagi kalau naik motor tuh gede banget
  3. Sarapan makan pempek dengan kuah cuko khas, itu hal biasa. Mau itu dikasih ibu kos ataupun beli sendiri. Dan anehnya, perutku gak sakit makan kuah cuko pagi-pagi hahaha. Tapi itu tergantung gimana masing-masingnya, jangan tiap hari juga makan kuahnya.
  4. Sarapan lain tuh banyak juga pilihannya, tekwan dan model juga sering dijadiin makanan sarapan, tapi agak susah nyari lontong pecel sih, mungkin bisa buat sendiri aja kalau dompet lagi full senyum.
  5. Gojek dan grab itu belum masuk ke sini, tapi ada aplikasi ojek khusus daerah dan banyak juga yang buka ojek online di Line dan WA. Btw, UNSRI tuh gedee banget sampai 700an hektar, jadi jangan lupa buat pesen ojek kalau mau pergi dari satu gedung ke gedung lain. Lagi-lagi kalau dompet masih full senyum. Bisa juga nebeng sih. Kalau mau jalan sih hitung2 olahraga ya haha.
  6. Kalau belanja tuh pakai aja logat dari layo dikit, biar gak dikira perantau banget. Kata-kata basicnya tuh (Sikok, duo ikok, yo, nyo, yuk, kak), artinya apa? Cari tau waktu kamu udah ngerantau ke sana aja yak karena pasti langsung bisa gitu, hehe. Ya di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung ygy.
  7. Pandai-pandai jaga barang kamu terutama masalah kunci rumah, laptop, hp, dompet, motor, dan barang berharga lainnya. Biar gak kecurian.
  8. Ikut organisasi kampus maupun kedaerahan yang resmi, terdaftar, benefit terasa, gak mengganggu life balance, dan diketahui banyak orang. Jangan sampai salah pilih ya. Langsung keluar aja kalau salah pilih sih.
  9. Jalin komunikasi yang baik dengan tetangga, teman, ataupun kating, karena kita anak rantau. Terserah mau banyak kenalan atau nggak, tapi kalau emang rasanya lebih aman dan nyaman sendiri, pandai menjaga diri juga yaa.
  10. Jangan lupa nanyain cara nya ke Palembang naik DAMRI atau travel, karena ya pasti pengen main ke kota Palembang juga kan, ajak temen juga pasti lebih asik.
Mungkin segini aja dulu kali ya, aku terlalu excited ngetik nih kayaknya wkwk, semoga bermanfaat buat kamu yang mau ngerantau ke Indralaya dan berkuliah di Unsri ya. Aku belum bisa ngasih tau banyak, karena baru ini yang teringat dan aku masih awal rantau juga haha. Semangat para perantau, baik-baik kuliahnya, dan jangan lupa tujuan kamu kuliah yaa.








Comments

Popular Posts